Terapi diet kekurangan energi protein

Kekurangan Energi Protein (KEP)

Selain itu perlu diperhatikan pula masa kadaluwarsanya sehinga aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Alergi dalam makanan 8. KEP adalah gizi buruk yang merupakan suatu istilah teknis yang umumnya dipakai oleh kalangan gizi, kesehatan dan kedokteran.

Mata cekung, menonjol, kering dengan konjungtiva pucat; titik Btot triangular, mengkilat, titik abu-abu pada konjungtiva terlihat defesiensi vitamin Aatau ikterik sklera. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain pengukuran antropometri, diagnose penyakit dan penggunaan obat- obatan.

Kandungan yang tinggi pada susu sapi akan menyebabkan terjadinya beban osmolar, yaitu tingginya kadar mineral dalam tubuh. Pada dasarnya pengertian ilmu gizi dasar basic principal of nutrition adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan dan zat gizi, proses pencernaan, metabolisme, dan penyerapannya dalam tubuh, fungsi dan berbagai akibat kekurangan serta kelebihan bagi seseorang.

Vitamin C berperan dalam pembentukan substansi antar sel dan berbagai jaringan, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya aktivitas fagositas memakan benda asing dalam tubuh sel darah putih dan transportasi zat besi dalam darah ke dalam sumsum tulang, hati, dan limpa.

Kekurangan energi protein pada anak-anak merupakan suatu keadaan bahaya yang perlu dilakukan tindakan segera. Selanjutnya mulai beri formula khusus langkah 6. Dengan berbekal pendidikan yang cukup seseorang ibu akan lebih banyak memperoleh informasi serta lebih tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi.

Follow up lebih baik dilakukan di klinik yang khusus untuk anak kekurangan gizi daripada klinik pediatrik biasa. Mengkoreksi gangguan keseimbangan elektrolit 5.

Perawatan dan Pengobatan terhadap Malnutrisi Protein-Energi

Pemberian makanan harus segera dimulai setelah anak dirawat dan dirancang sedemikian rupa sehingga energi dan protein cukup untuk memenuhi metabolisme basal saja. Rambut mungkin rapuh, kasar, alopesia, penurunan pigmentasi.

Perhatikan masa tumbuh kejar balita Fase ini meliputi 2 fase: Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa kebutuhan air per hari akan menurun dengan meningkatnya umur seseorang. Mengendalikan penyakit-penyakit infeksi, khususnya diare, melalui: Namun keduanya memiliki susunan asam lemak yang berbeda.

Makanan ini seharusnya dapat dihasilkan oleh keluarga tersebut sehinggatidak perlu dibeli. Selain itu, lemak mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai sumber asam lemak esensial, pelarut vitamin A, D, E, dan K serta pemberi rasa gurih dan sedap pada makanan.

Awal fase rehabilitasi ditandai dengan timbulnya selera makan, biasanya minggu, setelah dirawat. Bila jumlah air kencing sehari kurang dari normal, maka perlu membatasi cairan yang berasal dari makan an dan minuman Bagaimana sebaiknya mempersiapkan dan mengolah makanan 1.

Faktor resiko potensial dapat menyebabkan terjadinya kondisi gizi salah pada lansia, adiantaranya: Kurang energi protein KEP yaitu seseorang yang kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi protein dalam makan sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi AKG.

Menu Makanan dan Zat Makanan Demikian juga dengan penyakit infeksi terutama saluran pencernaan. Murah i g. Wajah seperti orang tua c.

Memperindah kulit, gigi dan bentuk rahang. Selain itu, penggunaan susu formula bharus dikotnrol dari kemungkinan masuknya organisme-organisme pathogen atau terjadinya kontaminasi.Pasien diberikan diet lambung untuk mengatasi gastritis yang diderita, dalam bentuk makanan lunak karena kondisi lambung yang mengalami peradangan dan secara oral karena fungsi oral masih baik.

Kekurangan Energi Protein (KEP) merupakan penyakit yang sering dijumpai di seluruh dunia termasuk di Indonesia, kasus ini lebih banyak ditemukan pada kaum laki-laki dibandingkan kaum wanita dengan perbandingan 1 dengan umur rata-rata terbanyak antara golongan umur tahun denganpuncaknya sekitar tahun (Hadi, ).

Kekurangan energi protein adalah keadan kurang gizi yang disebabkan rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi (Pudjiani, ).

Kurang Energi Protein (KEP) merupakan masalah gizi kurang akibat konsumsi pangan tidak cukup mengandung energi dan protein serta karena gangguan kesehatan (Depkes RI, ). - Rawat inap: Makanan tinggi energi dan protein dengan kebutuhan energi % di atas AKG. Diet sesuai dengan penyakitnya dan dipantau berat badannya setiap hari, beri vitamin dan penyuluhan gizi.

Setelah penderita sembuh dari penyakitnya, tapi masih menderita KEP ringan atau sedang rujuk ke puskesmas untuk penanganan masalah robadarocker.com: Widhy Yudistira.

· Kekurangan energi marasmus merupakan suatu keadaan kekurangan energi protein akibat rendahnya asupan karbohidrat. Keadaan ini acapkali ditemukan dan angka kejadiannya mencapai 49% pada kurang lebih 10 juta anak di bawah 5 tahun yang mengalami kematian di negara berkembang, sedangkan di negara maju angka kejadiannya tidak begitu tinggi.5/5.

· Kekurangan Energi Protein (KEP) akan terjadi manakala kebutuhan tubuh akan kalori, protein atau keduanya, tidak tercukupi dengan diet. Kedua bentuk defisiensi ini tidak jarang berjalan bersisian, meskipun salah satu lebih dominan ketimbang yang lain.4,5/5.

Terapi diet kekurangan energi protein
Rated 5/5 based on 43 review