Rumus menduga berat badan sapi pdf

Gambar 1. Adapun Gambar 2 menunjukkan diagram alur program perhitungan berat badan sapi dari awal hingga akhir Gambar 2. Tabel 1 menunjukkan hasil perhitungan tinggi objek. Gambar 6 menunjukkan ilustrasi seleksi area dalam dada sapi. Menggunakan alur kerja yang sederhana namun memiliki akurasi perhitungan yang baik.

Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai tinggi.

cara dan rumus menduga bobot badan ternak tanpa timbangan terlengkap

Karena target pengguna dari aplikasi ini adalah peternak, maka perancangan desain sistem ini sangat memperhatikan kemudahan penggunaan. Kekurangan dari ketiga rumus tersebut adalah besarnya penyimpangan pada hasil pendugaan, sehingga rumus-rumus tersebut kurang sesuai dijadikan acuan untuk menduga bobot badan sapi di Indonesia[2].

Apabila perhitungan bobot tidak akurat, maka akan menyebabkan kerugian. Aplikasi ini berjalan dengan memanfaatkan kamera untuk memperkirakan tinggi objek untuk menentukan nilai asli dari DD. Dan apabila nilai dalam dada memiliki error yang besar, akan mempengaruhi hasil perhitungan berat Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4 4, badan sapi dengan rumus DAHAGA secara langsung karena nilai Dalam Dada merupakan variabel utama dalam rumus.

Pengukuran lingkar dada dan panjang tubuh yang tidak tepat 2.

Tetapi keduanya mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu menghitung regangan yang terjadi pada saat penimbangan. Pengambilan citra dilakukan dari jarak cm untuk memenuhi aturan pemakaian aplikasi. Gambar 7 a menunjukkan halaman perhitungan pada jenis sapi limpo dan Gambar 7 b menunjukkan halaman perhiyngan pada jenis sapi simpo.

LINGKAR DADA, PANJANG BADAN, DAN RUMUS LAINNYA DITEMUKAN

Perhitungan berat badan sapi dapat dilakukan dengan menggunakan alat timbang konvensional yang memiliki akurasi tinggi karena sapi ditimbang secara langsung.

Pembahasan Hasil Penelitian Pembahasan hasil penelitian meliputi hasil penelitian akurasi pengukuran tinggi objek dan penelitian akurasi pengukuran berat badan sapi. Gambar 3. Bobot hidup hasil pendugaan dengan pita Dalton jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bobot rata-rata hasil penimbangan.

Download digunakan pada penelitian ini sebanyak ekor domba Garut dari beberapa lokasi di kabupaten Garut Mar- gawati Tahap kedua adalah desain sistem.

Bahkan di pasar ternak, peternak lebih umum memperkirakan bobot ternak hanya dengan indera. Perlu sobat-sobat ketahui bahwa dalam mendapatkan bakalan sapi, di Indonesia pada umumnya menggunakan cara jogrok, yaitu tawar menawar sapi tanpa menggunakan timbangan tapi dengan cara kira-kira… cara yang agak aneh sebetulnya mengingat rata-rata di pasar hewan tersedia layanan jasa timbangan ternak sekali timbang sekitar 20ributapi tetap saja kebiasaan peternak tradisional susah dirubah….

Untuk mengatasi berbagai kekurangan dari cara yang sudah ada sebelumnya, diperlukan sebuah alat yang mampu mengestimasi berat badan sapi dengan akurasi yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau bagi para peternak kecil.

Dari rumus di atas, terdapat dua variabel yaitu Dalam Dada dan Faktor koreksi. Kuantitas dan kualitas daging yang dihasilkan oleh sapi sangat berkaitan dengan berat badan sapi tersebut. Setelah mengetahui besar dalam dada sapi dari tahap analisis gambar dan mengetahui faktor koreksi dari hasil kombinasi pilihan bangsa dan umur sapi, perhitungan berat badan sapi dapat dilakukan dengan menekan tombol hitung yang tersedia pada sistem.

Menghitung berat ternak sapi yang akan dijual Secara umum timbangan dikategorikan dalam 2 sistem, yaitu: Hal ini menyebabkan pengukuran dengan pita Dalton tidak dapat diandalkan penggunaannya secara langsung untuk menaksir bobot hidup sapi Bali.

Berat Seben arnya Berat sapi pada jarak pengambilan: Rumus Scholl dan rumus Winter sebenarnya masih memiliki faktor error yang cukup besar akan tetapi masih banyak digunakan untuk menghitung bobot badan dengan kedua rumus tersebut diperlukan ukuran lingkar dada, panjang badan, dan tinggi pundak sbb: Bagian tubuh sapi dapat digunakan untuk menilai produktivitas ternak.

Bobot Badan Kg DD: Metode yang dapat digunakan untuk menduga bobot badan adalah dengan menggunakan rumus atau pita ukur[2]. Garut baik jantan maupun betina dari Wanaraja memiliki bobot badan paling besar dibandingkan dengan domba Pengukuran bobot badan sapi Bali jantan dengan menggunakan pita Dalton memiliki selisih berat badan yang terlalu tinggi terhadap berat badan berdasarkan timbangan, baik pada ternak yang berukuran kecil 26,60 kg maupun yang berukuran sedang 23,73 kgdan yang ternak berukuran besar 26,10 kg [6].

Penelitian ini dilakukan untuk membantu peternak dalam perkiraan bobot ternak.

PERANCANGAN APLIKASI PENDUGAAN BERAT BADAN SAPI DENGAN

Untuk mencari volume tabung harus diketahui luas alas dan tinggi. Halaman Utama Halaman utama aplikasi merupakan halaman yang pertama kali muncul saat aplikasi dibuka. Post a Comment Untuk mengetahui bobot ternak kecil seperti kambing dan domba juga bisa menggunakan timbangan gantung bila timbangan digital ternak dirasa terlalu mahal.

'+relatedpoststitle+'

Halaman Penampil dan Analisis Citra Halaman analisis citra terdiri dari satu layer penampil citra dan 2 tombol. Menghitung berat bibit sapi 2.Bobot Badan (kg) = {lingkar dada (cm) kuadrat x panjang badan (cm)} dibagi Sejumlah peneliti mencoba membuktikan keakuratan rumus-rumus itu diuji-cobakan terhadap beberapa kelompok sapi antara bobot taksir dan bobot robadarocker.com: Mas Ely.

Terdapat rumus – rumus perhitungan yang digunakan untuk melakukan teknik pendugaan berat badan sapi di atas yaitu Schrool, Denmark dan Winter[1]. Kekurangan dari ketiga rumus tersebut adalah besarnya penyimpangan pada hasil pendugaan, sehingga rumus-rumus tersebut kurang sesuai dijadikan acuan untuk menduga bobot badan sapi di Indonesia[2].

Cara lain yang digunakan adalah. Karena peubah lingkar dada merupakan peubah yang sangat berperan dalam menduga berat hidup sapi, maka dilakukan simulasi untuk mendapatkan nilai c pada model nomor 3l dengan x: lingkar dada. Hasil simulasi untuk bebrapa nilai c yang memberikan nilai 32 terkecil, R2 dan R2 Adjusted terbesar dapat dilihat pada table 2.

Dari Tabel 4 di atas terlihat model terbaik berdasarkan kriteria 52, R2 dan. Ø Melakukan pengukuran yang tepat pada saat pengukuran panjang badan dan lingkar dada, untuk menduga berat ternak sapi.

Ø Peternak yang mau membeli sapi, sebaiknya melihat cirri-ciri eksterior sapi terlebih dahulu dengan tujuan kemampuan produksi sapi. Diantara rumus-rumus pendugaan bobot badan tersebut, rumus schoorldiperkirakan sebagai rumus yang paling akurat terhadap bobot badan ternak robadarocker.com-rumus tersebut dapat digunakan untuk sapi, kambing, domba, babi dan kerbau.

Home / peternakan / Menghitung berat badan sapi. peternakan Menghitung berat badan sapi Januari 03, peternakan Postingan kali masih akan membahas tentang mencari sapi bakalan sebelum dilakukan usaha penggemukan.

Kalau sebelumnya cacak jelaskan pentingnya menduga usia sapi agar bisa mendapat untung yang maksimal, kali ini kami akan menjelaskan tentang menduga bobot sapi 5/5.

Rumus menduga berat badan sapi pdf
Rated 3/5 based on 55 review