Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf

Deteksi, Penceggahan, Pengobatan. Katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein Reaksi katabolisme merupakan reaksi pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang sederhana. Dengan demikian rincian energi yang dihasilkan dalam siklus asam sitrat adalah: Sedangkan katabolisme asamheksanoat dengan jumlah karbon yang sama dengan glukosa 6 karbon menghasilkan 44ATP, sehingga jumlah energi yang dihasilkan pada lemak lebih besar dibandingkan denganyang dihasilkan pada karbohidrat dan protein.

Sedangkan katabolisme asam heksanoat dengan jumlah karbon yang sama dengan glukosa 6 karbon menghasilkan 44 ATP, sehingga jumlah energi yang dihasilkan pada lemak lebih besar dibandingkan dengan yang dihasilkan pada karbohidrat dan protein. Galaktokinase mengkatalisis reaksi 1 dan dalam reaksi ini diperlukan ATP sebagai donor fosfat.

Seperti halnya karbohidrat, lemak merupakan substrat penting dalam proses respirasi. Reaksi-reaksi pada siklus asam sitrat diuraikan sebagai berikut: Kepada pihak pengelola Diet dan ahli ruangan diharapkan lebih memperhatikan pasien yang berdiet khususnya pasien DM dan lebih meningkatkan asupan seratnya.

L-gulonat merupakan bahan baku untuk membuat asam askorbat. Enzim itu sendiri akan mengalami fosforilasi dan gugus fosfo akan mengambil bagian di dalam reaksi reversible yang intermediatnya adalah glukosa 1,6-bifosfat.

Glukosafosfat dengan enzim glukomutase menjadi glukosafosfat. Selanjutnya piruvat dioksidasi menjadi asetil KoA. Sumarwati, M. Yrama Widya. Siklus asam sitrat merupakan jalur akhir bersama oksidasi karbohidrat, lipid dan protein. Hasdianah, HR.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf

Kesimpulan 1. Adapun keterkaitan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein mencakup reaksi pembentukan dan perombakan yang akan dijelaskan sebagai berikut. Dengan bantuan alat serta enzim — enzim makanan, maka akan diperoleh unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mekanisme reaksi glikogenesis juga merupakan jalur metabolisme umum untuk biosintesis disakarida dan polisakarida.

Sedangkan asam amino seperti fenilalanin, tirosin, leusin, isoleusin dan lisin diubah menjadi asetil ko A untuk selanjutnya mengikuti jalur respirasi. Hubungan antara hati, darah dan otot. Pemberian menu makanan pasien Diabetes Mellitus di Rumah Sakit tersebut adalah sama dengan menu pasien lainnya.

Rangkaian reaksi kimia yang terjadi dalam lintasan oksidasi piruvat adalah sebagai berikut: Karena pengaruh berbagai faktor dan hormon insulinyang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, maka hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah. Lemak asam heksanoat lebih banyak mengandung hidrogen terikat dan merupakan senyawa karbon yang paling banyak tereduksi, sedangkan karbohidrat glukosa dan protein asam glutamat banyak mengandung oksigen dan lebih sedikit hidrogen terikat adalah senyawa yang lebih teroksidasi.

Astuti, Andrian, Tatik Mulyati. Unsur ekuivalen pereduksi ini kemudian memasuki rantai respirasi proses fosforilasi oksidatif menghasilkan ATP.

Tingkat Kecukupan Energi dan Protein. Fakultas Teknologi Pertanian. Adam Malik Medan. Dengan terbentuknya asam amino — asam amino ini akan menyusun suatu protein melalui sintesis protein. Fosfat berenergi tinggi juga dihasilkan pada tingkat siklus tingkat substrat saat suksinil KoA diubah menjadi suksinat.

Kemudian gliserol diubah menjadi dihidroksiaseton fosfat, untuk selanjutnya diubah menjadi fosfogliseraldehida yang merupakan zat antara pada tahap glikolisis dan daur krebs. Jika diet pasien non diabetes diberikan nasi gram, maka pada pasien diabetes dikurangi setengah yaitu 50 gram, begitu juga untuk porsi lauk hewani, nabati dan sayurnya.

Oleh karena itu dibutuhkan langkah konkret untuk menanggulanginya. Dengan adanya oksigen dalam suasana aerobglikolisis menghasilkan piruvat, atau tanpa oksigen glikolisis anaerob menghasilkan laktat. Ilmu Gizi Jilid I.Pada metabolisme karbohidrat pada manusia dan hewan secara umum, setelah melalui dinding usus halus sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati.

Di dalam hati, monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya sebagaimana digambarkan sbb.

HUBUNGAN ASUPAN KARBOHIDRAT, LEMAK, DAN SERAT DENGAN KADAR

Mendeskripsikan hubungan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein. A. Pendahuluan. Tubuh makhluk hidup layaknya sebuah mesin, memiliki alat-alat spesifik untuk melakukan kinerja yang spesifik pula.

Rutinitas makhluk hidup membutuhkan sejumlah energi yang dijadikan bahan baku utama sebagai penggeraknya. Energi yang dibutuhkan tersebut diperoleh dari dalam tubuh. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan.

Glikogen terdapat didalam hati (sampai 6%) dan otot jarang melampaui jumlah 1%.Author: Admincmm. Tidak ada hubungan makin tinggi asupan Karbohidrat dan Lemak, maka makin tinggi Kadar Glukosa dan Kadar Krigliserida Darah. 5.

Semakin tinggi asupan Serat semakin rendah Kadar Glukosa dan Trigliserida Darah. Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf. Kebutuhan pokok semua mahluk hidup; manusia, hewan dan tumbuhan untuk pertumbuhannya adalah makan dan minum, tanpa ini.

Titik temu dari berbagai jalur metabolisme ini berguna untuk saling menggantikan “bahan bakar” di dalam sel, Hasil katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak juga bermanfaat untuk menghasilkan senyawa-senyawa lain yaitu dapat membentuk ATP, hormon.

Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf
Rated 5/5 based on 61 review