Hubungan kb suntik dengan obesitas

Meningkatkan jumlah institusi masyarakat dalam penyelenggaraan KB dan kesejahteraan reproduksi. Efek penambahan berat badan pada suntik DMPA disebabkan karena DMPA merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya disertai peningkatan penimbunan simpanan lemak, walaupun mungkin juga terdapat efek anabolik ringan.

Mendapatkan kehahiran yang memang diinginkan d. Sedangkan didapatkan perbedaan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan ketiga kali suntik dan berat badan awal berat dengan badan keempat kali suntik. Di antara negara ASEAN, Indonesia dengan luas wilayah terbesar tetap menjadi negara dengan penduduk terbanyak, jauh diatas 9 negara anggota lain.

Alfabeta Wahid, Abdurrahman. Phil Trans R Soc B ; Selain itu arteriosklerosis akan menurunkan elastisitas dinding pembuluh darah arteri Kozier, Membuat endometrium menjadi kurang baik untuk implantasi ovum yang telah dibuahi karena endometrium menjadi atropi. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas maka yang dapat dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi yang efektif dan efisien.

Hal ini kemungkinan ditunjang aktivitas fisik yang tinggi mengingat responden terbanyak adalah hubungan kb suntik dengan obesitas rumah tangga. Dari keseluruhan data yang telah dipaparkan di atas, untuk memperkecil resiko pemakaian kontrasepsi terhadap peningkatan berat badan perlu diadakannya penyuluhan yang menyeluruh kepada seluruh akseptor KB baik yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi, kesehatan ibu dan anak dan pola hidup sehat.

Populasi dan Sampel 1. Di puskesmas terdapat pelayanan KIA yang umumnya melayani ibu dan anak saja sehingga pria merasa enggan untuk konsultasi dan mendapat pelayanan. Pada arteriosklerosis, terjadi penurunan elastisitas arteri dan menjadi keras dan kaku.

Penelitian ini bersifat Observasional Analitik dengan pendekatan cross-sectional dan dilakukan di Puskesmas Wawonasa Kecamatan Singkil Manado dengan pengambilan data berupa identitas, berat badan, tinggi badan, dan wawancara langsung terhadap responden.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PERUBAHAN BERAT

Didapatkan juga paritas dengan berat badan paling besar adalah paritas 3 anak sedangkan yang paling kecil adalah paritas 1 anak. Pada penelitian ini digunakan data primer berupa identitasa responden, berat badan, tinggi badan yang digunakan untuk mengetahui IMT responden dan wawancara langsung pada responden untuk mengetahui apakah responden menggunakan kontrasepsi hormonal yaitu kontrasepsi yang mengandung hormon, baik estrogen atau progesteron maupun kombinasi dari keduanya; seperti kontrasepsi oral pilkontrasepsi suntik dan kontrasepsi implant.

Rofiqi Rofiq NRP: Landasan Teori 1. Namun tidak dapat dipungkiri timbulnya konsekuensi lain dari penggunaan alat kontrasepsi khusunya kontrasepsi hormonal.

Experienced weight gain ranging from 1kg to 2kg after one year of use. Depkes RI. Tunas-tunas Riset Kesehatan. Berkurangnya volume darah bisa menurunkan tekanan darah, demikian juga sebaliknya. Berbeda dengan kontrasepsi bagi perempuan yang jenisnya jauh lebih beragam 6 Suami dominan dalam mengambil keputusan.

Kelemahan dari kontrasepsi adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 1,5 - 2 kg dan berat badan pada kunjungan pertama.

HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KB SUNTIK DEPO MEDROKSI PROGESTERON

Obstet Gynecol ; 2 pt 1: The results of this study obtained a significant correlation between use of DMPA injection with increased weight. Namun tidak di dapatkan perbedaan berat badan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan pertama kali suntik dan berat badan awal dengan kedua kali suntik.

Pada penelitian wanita usia subur yang menggunakan kontrasepsi pil atau suntikan yang komposisinya mengandung hormonal, baik jangka pendek maupun jangka panjang bertujuan untuk mengontrol kehamilan.

Efek samping suatu metode kontrasepsi merupakan suatu pertimbangan para akseptor untuk memilih kontrasepsi yang tepat untuknya. Hipotesa para ahli bahwa penggunaan depomedroxi progesteron acetat DMPA merangsang pusat pengendali nafsu makan lebih banyak dari biasanya.

Hal ini dapat menimbulkan berbagai efek samping di antaranya adalah perubahan berat-badan akseptor. Dari pendapat Hartanto, di atas dapat disimpulkan bahwa Akseptor suntik KB baik dgunakan untuk pasangan usia subur yang mempunyai kesemptan lebih banyak untuk reproduksi dalam mendapatkan kelahiran yang diinginkan dengan cara suntikan kombinasi DMPA dan NENTEN yang diberikan.Mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami istri.

f. Menentukan jumlah anak dalam keluarga. Dari kedua pendapat tentang pengertian Keluarga Berencana diatas dapat disimpulkan bahwa KB dimaskudkan untuk menciptakan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan perencanaan melalaui metode tertentu dalam kehidupan suami robadarocker.com: Bejo Net Community.

obesitas dan riwayat genetik dengan kejadian diabetes mellitus pada pengguna kb suntik depogestin di bpmhandayani isro’ desa welahan artikel Jp Keperawatan dd Edit. Hasil analisa data dengan menggunakan Program Statistical Product dan Service Solution (SPSS) versi for windows dengan menggunakan spearman rank dengan taraf signifikasi 5% di dapat hasil bahwa ρ hitung= 0, lebih besar dari ρ tabel= 0,Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama pemakaian KB suntik DMPA dengan perubahan berat badan.

Kontrasepsi suntik yang merupakan kombinasi antara progesteron dan estrogen yaitu cyclofom atau cyclogeston, terdiri dari 25 mg DMPA dengan 5 mg estradiolcypionate dalam larutan steril 0,5 ml.

pemberiannya setiap 30 hari dengan rentang waktu 3 hari.

Hubungan Kb Dgn Obesitas

Cara pemberiannya sama dengan golongan progestin yaitu secara intra muskuler di otot deltoid atau otot gluteal. · Malam dokter, Yang saya dapatkan memang penggunaan KB suntik yang berisi progestin bisa berhubungan dengan kejadian hipertensi, namun saya juga kurang tahu sejauh mana tekanan darah bisa meningkat akibat pengaruh dari penggunaan KB jenis ini, apakah memang dengan durasi penggunaan yang lama bisa sampai membuat peningkatan tekanan darah menjadi.

Dari hasil uji korelasi antara penggunaan KB suntik DMPA dengan perubahan berat badan menggunakan Uji Paired Sample Ttest menunjukkan bahwa semua pemakaian DMPA dari awal suntik hinggal terakhir suntik (1 tahun) mulai memiliki hubungan dengan perubahan berat badan.

Dari hasil penelitian ini juga diperoleh perbedaan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan perubahan .

Hubungan kb suntik dengan obesitas
Rated 5/5 based on 28 review